Minggu, 29 Januari 2017

   Nah, ini dia artikel yang ditunggu tungu. Tidak banyak memang artikel yang menjelaskan bagaimana caranya instalasi sistem parkir manless tiket dispenser yang diiegrasikan dengan barrier gate atau portal otomatis. Kali ini saya akan sharing tentang cara instalasi sistem parkir manless:

Pertama tama anda harus menyiapkan perangkat hardwarenya terlebih dahulu, ada tiga wilayah untuk membangun sistem parkir manless, yang pertama adalah wilayah pintu masuk kemudian wilayah pintu keluar dan yang ketiga adalah wilayah server.



Persiapan di pintu masuk :

   1. Box Manless tiket dispenser                                                                                                                   Di dalam box manless komponen"nya adalah PC Rakitan, tombol hijau untuk membuka gate dan mengambil karcis parkir, Printer thermal untuk mencetak karcis setelah pengendara menekan tombol hijau, web cam untuk meng capture wajah si pengendara, sound untuk informasi "selamat datang" "silahkan tekan tombol hijau" "silahkan masuk" , terus ada VLD (vechile loop detector) alat untuk pendeteksi metal yang berfungsi bahwa di depan box manless sedang ada kendaraan, dan yang tak kalah penting di dalam box manless juga ada microcontroller atau interface yang berfungsi untuk menghubungkan software dari PC ke perangkat Hardware (Barier Gate / portal otomatis)

    Box tiket dispenser ada 2 jenis, yang pertama ada yg menggunakan PC dan ada yang tanpa PC , di bawah ini gambar yang sebelah kiri adalah box yang menggunakan PC sedangkan yang sebelah kanan adalah box tanpa PC.



Kelebihan box mengguanakan PC/rosebery atau mini pc adalah :
  • Transaksi lebih cepat, sehingga angat cocok untuk traffic padat sekali
  • Bisa dikombine dengan monitor / layar LCD di box jika diperluakan
Kekurangan nya adalah :
  • Harga yang cukup mahal dibanding tanpa PC
  • Dimensi cukup besar, sehingga biyaya expedisipun jadi mahal
Kelebihan Box Tanpa PC :
  • di dalam box hanya mengguanakan Kontroller yang langsung menghubungkan dari server ke perangkat lainya seperti printer, barrier gate, speaker, camera dll. jadi lebih simple dalam mantance.
  • Harga box lebih murah dari yang menggunakan PC
  • bentuk lebih slim,
  • kontroller lebih stabil, jarang sekali terjadi eror 
Kekuranganya adalah :
  • Transaksi 1 detik lebih lambat 
  • jika banyak pintu masuk maka akan otomatis mengurangi kecepatan kirim data ke server karena hanya mengandalkan kabel LAN, tapi untuk 2 pintu masuk saya buktikan sudah tidak begitu berdampak pada kecepan transaksi saat bebarengan, so...masih normal.
  • kurang cocok jika ingin menggunakan display monitor di box sebagai media promosi dan menampilkan kamera, karena harus menggunakan perangkat tambahan lainya.


   3. Barrier Gate / Portal otomatis
           Fungsi menggunakan barrier gate itu sangat penting sekali karena sebagai tanda diperbolehkanya sebuah kendaraan memasuki atau keluar dari lahan parkir.


 


   4. Kamera 
          Kamera disini berfungsi untuk mengcapture Plat no kendaraan



Persiapan di pintu keluar :

   1. Pos Parkir
          Pos parkir disini berfungsi sebagai kasir untuk penarikan biyaya parkir sebelum pengendara keluar dari area parkir. Apa saja perangakat hardware yang ada di dalam pos parkir? pastinya ada satu set komputer (pc,monitor,keyboard, mouse) barcode scanner untuk menscan tiket pengendara yang ingin keluar area parkir sekaligus mencocokkan kendaraan yang masuk dan keluar, printer termal untuk slip parkir, microcontroler, dan pastinya ada kursi untuk kasirnya hehehee..




   2. Kamera
       Kamera disini berfungsi untuk monitoring, kendaraan yang mau keluar, memudahkan petugas
        untuk mencocokkan kendaraan yang masuk dan kendaraan yang akan keluar.


   3. Barrier gate / portal notomatis
       Seperti yang sudah teman" ketahui bahwa barrier gate di pintu keluar berfungsi untuk pembatas
       antara area parkir dan jalan keluar parkiran.


 

  Persiapan server :

   1. PC Server

Nah jika kita sudah mempersiapkan perangkat hardwarenya maka selanjutnya yang paling penting adalah menyiapkan software parkirnya, dan ketika semua sudah siap, mari kita blakukan instalasi sistem parkir manless.

Contoh Software Parkir Sinergi

1. Pastikan semua perangkat hardware berfungsi
2. Pastikan Jaringan antara pintu masuk, pintu keluar dan server terkoneksi dengan baik
3. instal software di PC manless, PC operator atau kasir dan PC server
4. Test atau uji coba sistem

Masalah yang sering terjadi dilapangan dan cara penangananya :

1. Tiket keluar tapi palang tidak terbuka, maka kemungkinan yang pertama adalah mikro/interface  eror, caranya cabut adaptor micro tunggu 10 detik pasang lagi, kemudian test lagi.

2. Palang terbuka tapi tiket tidak keluar, maka yang harus di cek adalah kertas printer apakah masih ada atau sudah habis, cek driver printer. 

3. Restart VLD 

cek harga palang parkir murah di indonesia dengan garansi 1 tahun

Jika kesuliatan dalam instalasi silahkan hubungi HP : 081230314289 / WA : 085855866564 
Salam Toni sinergi ^^)9

8 komentar:

  1. selamat pagi pak? saya mau tanya bagaimana cara memperbaiki dispenser pintu masuk motor yang tidak bisa hidup suaranya dan kipasnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap, Dispensernya menggunakan PC atau Non PC pak?
      coz nanti cara pembetulanya berbeda, untuk info lebih jelas
      bisa hubungi kontak saya yg sudah saya cantumkan diatas,
      matur suwun.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Palang bisa tutup tapi gak bisa buka di karnakan apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak kemungkinanya pak, tergantung sistemnya yg dipasang
      misal sistemnya yg dipasang manual, buka tutupnya menggunakan remot/tombol, bisa jadi tombolnya ngejam, coba di cabut trigger yg masuk ke tombol, kemudian diremot naik dan turun,

      bisa juga elconya, atau kontrollboardnya,

      perlu dianalisa sih pak, sebenarnya.

      mungkin tanya " bisa wa ke no saya 085.855.866.564

      salam hangat
      toni sinergi

      Hapus
  3. Selamat malam pak, saya mau bbertnya bagaimana cara memperbaiki interfaces pintu keluar yg tidak bisa berfungsi, di jumper bisa tapi pas ditekan enter di komputer lampu hijau di interfaces tidak menyala kiranya apa penyakitnya ya?

    BalasHapus